Minggu, 14 April 2013

proposal satu tahun KMHSS


PROJECT PROPOSAL
PROGRAM KERJA KEPENGURUSAN
Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan (KMHSS)
BANJARMASIN
2013/2014

A.  DASAR PEMIKIRAN
            Studi dan organisasi adalah dua kalimat yamg tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mahasiswa. Mahasiswa “ideal”, selain menggunakan dan membagi waktunya untuk menggali ilmu pengetahuan di bangku kuliah, meraih prestasi akademik yang tinggi namun juga menyisihkan waktunya untuk belajar mengaplikasikannya di organisasi intra maupun ekstra kampus.
            Mahasiswa yang identik dengan kata “ agent of change" harus menyadari bahwa mereka nanti di masa depan yang diharapkan bangsa ini untuk membawa kemajuan dan kemakmuran menuju bangsa yang “ideal”. Oleh karena itu, sudah seharusnya mahasiswa mempersiapkan dirinya dengan menguasai berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan tentunya tanpa melupakan organisasi sebagai wadah untuk menunjang skill dan kemampuan.
            Kiprah organisasi sudah tidak di ragukan lagi dalam sejarah bangsa ini. Oleh sebab itu, organisasi bagi mahasiswa, khususnya para aktivis kampus disebut sebagai “universitas kedua”. Karena pada umumnya, hanya di organisasi saja mahasiswa punya lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan skill, minat dan bakat masing-masing.
            Berkenaan dengan hal di atas, manusia sebagaimana disebutkan dalam al-qur’an dicpitakan selain hanya untuk beribadah, menyembah kepada sang pencipta Allah SWT (ibadah yang berkaitan dengan hamba kepada Tuhannya) tapi juga mempunyai naluri untuk berhubungan sosial kepada sesamanya. Manusia mempunyai tugas untuk memakmurkan, mengelola dan mengolah berbagai macam SDA yang ada di bumi ini. Manusia juga diperintahkan untuk berhubungan dengan penuh tenggang rasa dan hormat-menghormati terhadap sesamanya hingga akhirnya tercipta dan terbentuklah generasi-generasi manusia yang religius, humanis, unggul dan terdepan. Semua itu insya Allah bisa terwujud ketika mahasiswa memahami segala kewajiban kepada Tuhannya yang dapat diperoleh dengan jalan menggali ilmu pengetahuan dibangku kuliah dan melatih melakukan relasi (hubungan) terhadap sesama manusia sebagai makhluk sosial yang tentunya hal ini dominan didapatkan di organisasi.  
            KMHSS sebagai salah satu organisasi yang bergerak dibidang akademik, kajian-kajian ilmu pengetahuan baik agama maupun umum  juga bergerak diberbagai bidang seperti sosial, kemasyarakatan dan tentunya peka terhadap perkembangan didalam maupun di luar kampus. 
            Mengingat betapa pentingnya organisasi dikalangan mahasiswa terutama masalah “dana” maka kami dari organisasi Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan IAIN Antasari Banjarmasin sangat mengharapkan bantuan dana dan support dari kalangan-kalangan terkait untuk kelangsungan organisasi ini hingga bisa memberikan sumbangsih maksimal, baik untuk kampus maupun di kalangan masyarakat luas


B.  NAMA PROPOSAL
“ PROPOSAL PROGRAM KERJA SATU TAHUN ”

C.  PROGRAM KERJA SELAMA SETAHUN
1.    Pelantikan KM HSS
2.    Sosialisasi Kampus IAIN Antasari Banjarmasin Ke sekolah yang terdapat dilingkungan hulu sungai Selatan
3.    Berbagi Cerita Bersama Rektor IAIN Antasari Banjarmasin
4.    Silaturahmi Sekaligus Buka Puasa Bersama Mahasiswa dan Dosen Hulu Sungai Selatan.

D.  SUSUNAN KEPENGURUSAN
      (Terlampir)

E.  MARTIK KEGIATAN SELAMA SETAHUN
      (Terlampir)

F.   VISI DAN MISI
Visi :
“ Mengembangkan ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum yang integratif “
Misi :
“ Mengadakan kajian-kajian tentang ilmu pengetahuan umum maupun agama baik dalam tatanan paradigma pemikiran maupun tatanan praktis dalam pengaplikasiannya”
“ Mendongkrak kepekaan mahasiswa terhadap keadaan sosial masyarakat”
“ Membentuk Sumber Daya Mahasiswa yang komunikatif, intelek dan memiliki rasa humanis yang tinggi
“ Mencetak Sumber Daya Mahasiswa yang unggul, humanis dan terpelajar”  

G. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat untuk diketahui dan dijadikan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan ini, besar harapan kami mendapat tanggapan positif dan bantuan serta dukungan dari semua pihak. Hanya kepada Allah kita memohon, semoga segala apa yang kita laksanakan ini bermanfaat dan dijadikan sebagai lahan dalam menambah amal ibadah kita kepada –Nya. Amien Ya Rabbal ‘Alamien.
Banjarmasin, 22 September 2011



Mengetahui,
PENGURUS KM HSS


Ahmad Zayadi
Ketua Umum















Lampiran 1
KERUKUNAN MAHASISWA HULU SUNGAI SELATAN
IAIN ANTASARI BANJARMASIN
 

PENASEHAT
:
PENANGGUNG JAWAB 
:

KETUA UMUM
Ahmad Zayadi
SEKRETARIS UMUM
Rahmatullah
BENDAHARA UMUM
Nor Rahman Faridi
DIVISI-DIVISI



Lampiran II
MATRIK KEGIATAN



K
E
G
I
A
T
A
N
BULAN
X
Mei
Juni
Juli
Agus
sept
Oct
Nov
Des
Jan
Feb
Mar
Apr


















































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar